TY - Conference Proceeding TI - Strategi bimbingan konseling bagi siswa yang mengalami ketidakmampuan/keterbatasan belajar AU - M.M. Puji Nitis Kusumawati PB - Ikatan Konselor Indonesia (IKI) PP - Indonesia PY - 2017 UR - https://www.gci.or.id/proceedings/view_article/206/4/jambore-konseling-3-2017 AB - Pada dasarnya keterbatasan belajar merupakan gangguan yang memengaruhi pemahaman atau penggunaan bahasa, tertulis ataupun berbicara, keterbatasan ini bisa dalam bentuk kesulitan dalam mendengarkan, berpikir, membaca, menulis, dan mengeja. Gejala-gejala yang nampak dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menerjemahkan apa yang mereka lihat atau menghubungkan informasi. Apabila hal itu terjadi maka akan bukan tidak mungkin akan berdampak pada gangguan perkembangan bagi siswa. Strategi bimbingan konseling bagi siswa yang mengalami ketidakmampuan/keterbatasan belajar yang dapat membantu siswa dalam mengenal lingkungan dan menerima keberdaaan dirinya sendiri sebagai individu yang berkembang dapat dilakukan melalui layanan bimbingan konseling baik disekolah maupun di luar sekolah. Peningkatan hasil belajar dan motivasi yang ada dalam diri siswa diharapkan merupakan tujuan dari layanan bimbingan konseling, yang tidak lepas dari penyusunan strategi berdampak pada gangguan perkembangan bagi siswa. Pemahaman siswa dengan melalui asesmen dan layanan bimbingan konseling bagi siswa yang memiliki ketidakmampuan/keterbatasan diharapkan mencapai atau memiliki sebuah ketrampilan dasar menguasai pengetahuan yang semakin sulit dan belajar memenuhi perilaku sekolah dan harapan sosial yang ada. DO - https://doi.org//206