Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan Senam Otak atau Brain Gym yang diberikan terhadap konsentrasi belajar para siswa dalam menerima informasi atau pelajaran. Jenis penelitian PTK, Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini melakukan pretest dan posttest terhadap subjek penelitian atau dengan metode one group pretest posttes.. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan konsentrasi siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan dengan metode senam otak. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t sebesar t-test = 15,587 dengan nilai p = 0,000 atau (p < 0,01). Hal ini dapat diartikan bahwa ada perbedaan nilai pretest dan postest yang ditunjukkan dari rerata (mean) untuk pretest sebesar 123,4 dan postest nilai rerata sebesar 153,4 sehingga nilai perbedaan rerata (mean defference) dari kedua kelompok tersebut sebesar 30. Berdasarkan hasil tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dengan metode senam otak atau brain gym dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.
Konsentrasi Belajar, Brain Gym.
DOI : https://doi.org//157