Upaya meningkatkan konsentrasi belajar melalui Metode Brain Gym (senam otak) pada siswa kelas X pm 1 di SMK Negeri 1 Bantul

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pelatihan Senam Otak atau Brain Gym yang diberikan terhadap konsentrasi belajar para siswa dalam menerima informasi atau pelajaran. Jenis penelitian PTK, Penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini melakukan pretest dan posttest terhadap subjek penelitian atau dengan metode one group pretest posttes.. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan konsentrasi siswa sebelum dan sesudah layanan bimbingan dengan metode senam otak. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t sebesar t-test = 15,587 dengan nilai p = 0,000 atau (p < 0,01). Hal ini dapat diartikan bahwa ada perbedaan nilai pretest dan postest yang ditunjukkan dari rerata (mean) untuk pretest sebesar 123,4 dan postest nilai rerata sebesar 153,4 sehingga nilai perbedaan rerata (mean defference) dari kedua kelompok tersebut sebesar 30. Berdasarkan hasil tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dengan metode senam otak atau brain gym dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa.

Keywords

Konsentrasi Belajar, Brain Gym.

References

  1. Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
  2. Azwar. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  3. Buzan Tony. 2005. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak. Jakarta: Gramedia
  4. Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah serta Contohnya. Yogyakarta: Gava Media
  5. Dimyati, Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  6. Gunawan Adi. 2004. Genius Learning Strategy. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
  7. Jensen. 2007. Rahasia Otak Cemerlang Rangkaian Aktivitas Ringan Untuk Melatih Kinerja Otak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  8. Jensen. 2008. Brain-Based Learning Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak Cara Baru Dalam Pengajaran Dan Pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  9. Mahmud. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
  10. Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
  11. Nichol. 2003. Accelerated Learning For the 21st Century Cara Belajar Cepat Abad XIXII. Jakarta: Nuansa
  12. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
  13. Sugiono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  14. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
  15. Syamsu Yusuf. 2009. Program Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Bandung: Rizku Press
  16. Syaodih Nana. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
  17. Tim Pengembangan Program Penataran Bimbingan dan Konseling. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi

DOI : https://doi.org//157