The Correlation of Peer Conformity and Parents Support with Juvenile Delinquency

Abstract

The purposes of this study are to test correlation peer conformity, parents support, juvenile delinquency, and the peer conformity, parental support, partially and simultaneously with the juvenile delinquency. The sample consisted of 115 people taken by using the stratified random sampling. The results show that there is correlation of peer conformity to juvenile delinquency was -0,235, the correlation of parents support to juvenile delinquency was -0,206 and the correlation of peer conformity and parents support to juvenile delinquency was -0,292.

Keywords

Peer conformity, parents support,juvenile delinquency.

References

  1. Anggellia, A. Y. (2012). “Hubungan Konsep Diri dengan Persepsi Siswa tentang Juvenile Delinquency (Kenakalan Remaja) dan Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling (Studi di SMA Negeri 1 Seberida Kabupaten Indragiri Hulu)”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: PPs UNP.
  2. Chaplin, J. P. (2009). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.
  3. Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.
  4. King, Z. (2012). Career Self-Management: Its nature, causes and consequences. Journal of Vocational Behavior, 1 (25).
  5. Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga. Jakarta: Kencana.
  6. Maharani, O. P., & Andayani, B. (2003). “Hubungan antara Dukungan Sosial Ayah dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja Laki-laki”. Jurnal Psikologi, (1): 23-25.
  7. Mulyasri, D. (2010). “Kenakalan Remaja Ditinjau dari Persepsi Remaja terhadap Keharmonisan Keluarga dan Konformitas Teman Sebaya”. Tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.
  8. Papalia, Olds., & Feldman. (2009). Human Development: Perkembangan manusia. Terjemahan oleh A. K. Anwar. Jakarta: Salemba Humanika.
  9. Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  10. Poole, E. D., & Regoli, R. M. (1979). “Parental Support, Delinquent Friends, and Delinquency: A test of interaction effects, 70 (2): 188-193.
  11. Prayitno. (2013). Konseling Integritas. Padang: UNP Press.
  12. Prayitno. (2009). Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  13. Putri, M. A. (2017). “Kontribusi Kepercayaan Diri dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Kedisiplinan Siswa di MTs Al Furqon Padang serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Studi S2 BK FIP UNP.
  14. Rinaldi. Y. (2017). “Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Perilaku Kenakalan Remaja serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Studi S2 BK FIP UNP.
  15. Santor, D. A., Messervey, D., & Kusumakar, V. (2000). “Measuring Peer Pressure, Popularity, and Conformity in Adolescent Boys and Girls: Predicting school performance, sexual attitudes and substance abuse”. Journal of Youth and Adolescence, 29 (2): 163-182.
  16. Sarman, F. (2015). “Hubungan Dukungan Orangtua dan Locus of Control dengan Pemantapan Arah Pilihan Karier Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Studi S2 BK FIP UNP.
  17. Sarafino, E. P., & Smith, T.W. (2011). Health Psychology: Biopsychosocial interaction. New York: John Willey dan Sans Inc.
  18. Santrock, J. W. (2002). Perkembangan Masa Hidup. Terjemahan oleh Juda Damanik & Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.
  19. Santrock, J. W. (2003). Adolescence: Perkembangan remaja. Terjemahan oleh Shinto B. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
  20. Santrock, J. W. (2012). Life-Span Development: Perkembangan masa hidup. Terjemahan oleh Juda Damanik & Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.
  21. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). 2016. Pelaku Kenakalan Remaja. (Online) tersedia di http://www.polpp.padang.blogspot.co.id. (diakses 26 Februari 2017).
  22. Triyono. (2015). “Kontribusi Dukungan Orangtua dan Persepsi Siswa terhadap Tingkat Aspirasi Pendidikan Lanjutan serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Studi S2 BK FIP UNP.

DOI : https://doi.org/10.29210/20181105